Rabu, 03 Oktober 2012

Negeri Dongeng hari kedua!!


Hari kedua di negeri dongeng.. hmm, pagi2 bangun jam 6. Kalo di Indonesia itu jam 11 siang, Gute schlafen J langsung mandi, yang sekarang pake aer angeut, di luar masih gelap kaya jam 4 subuh aja. Mau ambil minum  ke dapur dan nyimpen kopi sisa semalam begadang, eh Ul nya udah bangun, malah di tanya ‘was machst du gern zum fruhstuck?’ wah bingung, ternyata pagi2 mereka cuma sarapan sama salad buah pake yogurt dalam kemasan gitu, akhirnya sarapan sama sereal corn flakes ditambah susu, sama kaya di Indo lah… semangkok gedee, terus seperti biasa ‘kamu mau minum apa?’ berasa di restoran aja ditanya melulu soal makanan haha, saya bilang air putih aja. Ul agak mengerutkan dahi dan bilang, dari kemarin kamu minum air putih terus, kalo mau cola atau lemonade atau sirup ambil aja. Saya cuma bilang ‘In Indonesia, mineral water is as important as rise’ hahaa…


Hari ini jadwal saya buat ke Auslanderbehorde, semacam kantor daerah/kelurahan mungkin kalau di Indonesia, saya meverifikasi data-data saya sekaligus melapor bahwa saya sudah sampai di Jerman, saya diminta untuk menunjukkan paspor dan kemudian saya mendapatkan Anmeldung, secarik kertas, yang nantinya bisa saya bawa ke KBRI di Jerman untuk memperpanjang visa. Dingin bgt udaranya, terus orang Jerman itu teratur banget deh, kalau jalan kaki itu bener2 harus di trotoar, terus bener2, harus wajib liat kiri kanan kalo mau nyebrang. Kalo di Indo terutama di bandung tuh, mobil yang takut sama kita, hihi, harus nyelonong aja maju biar di kasih jalan, kalo nunggu ga ada mobil, wii, setaun J

Setelah dari Auslandbehorde, saya pergi entah kemana bersama Ul, ke salah satu kantor pemerintah lagi, untuk membuat semacam kartu penduduk. Namun ternyata kami belum membuat janji dan karena saya baru tiba kemarin saya harus menunggu sampai bulan November.  Terus saya dimanat untuk memberikan foto paspor, karena di Indo cuma mencetak yang ukuran 3x4 sama 4x6 eh ditolak, harus sama kaya ukuran khusus visa, 3,5x4,5 cm gitu. Hahaha, tipsnya adalah, cetak foto khusus untuk visa atau passport sebanyak-banyaknya, kalo kamu ga mau repot-repot mengeluarkan  uang pergi ke studio foto. Selain karena foto, saya terganjal visa yang masa tinggalnya hanya berlaku sampai desember, karena memang ketentuan dari Kedutaan Jerman di Indonesia memang begitu,  saya harus terlebih dulu pergi ke KBRI untuk memperpanjang visa sampai satu tahun.  Setiap 3 bulan atau langsung untuk satu tahun saya harus membayar 100 euro untuk perpanjangan. Hmm, sehr teuer, bisa jalan2 ke Austria. Tapi seenggaknya udah tau lah. Saya chatting dengan salah seorang  teman yang kebetulan pernah tinggal di Jerman, dia bilang perasaan harus 3 bulan dulu stay di sana baru bisa, ternyata emang bener, permohonan saya di tolak, harus stay 3 bulan dulu di sana. L .

Saya meneruskan perjalanan menuju Dachau, dengan mobil itu sekitar setengah jam. Dachau kota kecil, sepanjang perjalanan saya melihat banyak sekali padang rumput yang sangat rapih seperti karpet, warna hijau, kuning, Langitnya juga cerah. Di Dachau saya menuju ke salah satu bank untuk membuka rekening. Serem kalo bawa euro cash, better pake atm sekalian bisa nabung kan. Tapi eh tapi, di tolak lagee, hadoh. Rencananya saya mau buka rekening sehari setelah saya tiba supaya gak usah megang cash, ngeri abis seharii. Gak taunya gak bisa di bank itu L.  

Saya dan Ul benar-benar sangat kecewa waktu itu, niat mau mengurus administrasi secepatnya namun ternyata terganjal hanya karena sedikiiit masalah, akhirnya kami memutuskan pergi berbelanja ke supermarket bernama Kaufland di Dachau, semacam hypermart gitu lah. Hampir sama kaya di Indo. Ul meminta untuk mengambil apapun yang saya mau (makanan) takutnya saya gak cocok sama makanan di sana dan ingin mencoba makanan yang lain. Bingung doooong, mau ngambil apapun tapi di bayarin hihii, akhirnya yang pertama saya cari adalah saos sambal. Saya bilang ‘I need a chilli sauce’ oh okay, ada sweet chilli sauce, itu, dari Thailand, agak skeptish juga, ko mirip2 sambal Bangkok Indofood ya, cair gitu. Trus saya bilang ‘I mean, more like chilli paste’. Ul nya bingung, haha, ada juga Tomato paste, milih2 milih2, akhirnya ngambil pilihan pertama.


Terus ditanya lagi, ayo belikan kamu makanan untuk sarapan. Berasa kaya anak kecil dongo gak tau apa2, biasa d Indo jadi ratu belanja grocery, tau merk, ini ga ngertiii… akhirnya ngambil2 aja, corn flakes lagi, dan wow ada nasi goreng, tapii, belum kangen sama masakan Indo, jadi beli nasi instan mediteran, curry sama dari Meksiko. Tau Tara Nasiku? Nasi goreng instan ketika saya SD, cara membuatnya seperti mie instan. Sama Ul di beliin beras putih hahaa J). Belanja, oh ya mau sabun mandi, gak tau bahasa jermannya cair apa, taunya sabun aja yg artinya seife, dia ngasihnya sabun batang. No, I mean liquid soap, for shower, saya malah nunjuk sabun yang ternyata sabun cuci tangan :P



Haha… Seru sekali perjalanan hari ini, kami membeli pizza untuk makan siang dan meminum cola, semacam cocacola namun lebih manis. Ul agak ‘memaksa’ saya untuk mencoba minuman lain selain air putih, karena minum air putih saja tidak biasa di sana, kecuali untuk bayi zzz. Mungkin dia pikir saya malu untuk mencoba. Padahal saya takut dehidrasi karena udara begitu dingin dan kadang kita tidak merasa haus sama sekali. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar